Awal Kesuksesan Guns N’ Roses Diawali 31 Tahun Yang Lalu

2017.03.25 Awal Kesuksesan Guns N' Roses Diawali 31 Tahun Yang Lalu gunsnrosesHari ini, 25 Maret 31 tahun yang lalu, supergroup asal Los Angeles, Guns N’ Roses menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Geffen. Sebuah langkah awal menuju kesuksesan band yang formasi pertamanya beranggotakan Axl Rose (vokal), Slash (lead guitar), Izzy Stradlin (rhythm guitar), Duff McKagan (bass), Steven Adler (drum), dan Dizzy Reed (keyboards).

Tahun 1987, band berlogo mawar dan pistol tersebut mengeluarkan album Appetite For Destruction yang kemudian laku keras. Tercatat 28 juta kopi terjual sampai dengan saat ini, dengan lagu Welcome to the Jungle sebagai andalannya.

Kesuksesan demi kesuksesan dicapai oleh GNR, fans mereka biasa menyebutnya. Tercatat setelah album Appetite For Destruction keluar, dilanjutkan dengan album studio GNR Lies (1988), Use Your Illusion I dan II (1991), The Spaghetti Incident (1993), dan terakhir Chinese Democracy (2008). Tidak ketinggalan album live Live Era ’87-’93 (1999), dan album kompilasi Use Your Illusion (1998) dan Greatest Hits (2004).

Sepanjang perjalanan karirnya, GNR relatif sering berganti personil. Diawali dengan Steven Adler yang digantikan oleh Matt Sorum di album Use Your Illusion I dan II dan diakhiri dengan hadirnya Frank Ferrer pada tahun 2016 sebagai drummer.

Adapun formasi terakhirnya adalah Axl Rose, Slash, Duff McKagan, Dizzy Reed, Richard Fortus (rhythm guitar), Frank Ferrer, dan anggota termuda Melissa Reese (keyboards), seperti yang terlihat dalam tur konser yang bertitel Not in This Lifetime…, yang digelar dari 1 April 2016 di West Hollywood Amerika Serikat dan akan berakhir pada 23 September 2017 di Rio de Janeiro Brasil.

Tercatat sampai dengan saat ini, band yang dijuluki The Most Dangerous Band In The World itu telah menjual lebih dari 100 juta kopi ke seluruh dunia. Tidak salah jika MTV dengan Video Music Awards-nya pada tahun 1988 menganugerahi Best New Artist in a Video untuk lagu Welcome to the Jungle, Best Heavy Metal Video untuk lagu Sweet Child O’ Mine (1989), Video Vanguard Award (1992), dan Best Cinematography in a Video untuk lagu November Rain (1992).

Advertisements