Akhirnya Bob Dylan Mau Menerima Hadiah Nobelnya

2017.03.31 Akhirnya Bob Dylan Mau Menerima Hadiah Nobelnya 1Setelah melalui proses kurang lebih selama 5 bulan, akhirnya pihak Swedish Academy bisa menyerahkan Hadiah Nobel Kesusasteraan 2016 kepada penulis lagu, penyanyi balada, pelukis, sekaligus penulis berkebangsaan Amerika Serikat, Bob Dylan.

Swedish Academy adalah salah satu dari Akademi Kerajaan Swedia yang didirikan oleh Raja Gustav III. Akademi tersebut dikenal sebagai pembuat keputusan tahunan untuk Hadiah Nobel Kesusasteraan.

Dipilihnya Bob Dylan, penyanyi yang sudah mengkoleksi 38 album studio dari tahun 1962 sampai 2017, karena dianggap telah menciptakan ekspresi puitis yang baru dalam tradisi lagu-lagu di Amerika.

Lantas, mengapa harus menunggu waktu yang relatif lama dari saat diumumkan 13 Oktober 2016 sampai dengan pelantun Blowin’ in the Wind itu mau menerimanya?

Alasan pertama, Swedish Academy tidak bisa mengontak langsung Bob Dylan setelah penyanyi yang bernama asli Robert Allen Zimmerman tersebut diumumkan sebagai penerima Hadiah Nobel Kesusasteraan.

Pihak Swedish Academy bisa mengontak pihak manajemen Bob Dylan, namun tidak langsung menerima konfirmasi dari musisi kelahiran 24 Mei 1941 asal Minnesota itu, dan hal tersebut sempat membuat akademi yang didirikan pada tahun 1786 itu angkat tangan.

Seperti yang dikatakan Odd Zschiedrich, Direktur Administrasi Swedish Academy, “Kami menyerah. Kami telah mengontak manajer Bob Dylan, namun tidak mendapatkan konfirmasi balik langsung darinya.”

Baru dua minggu setelah kontak itu, Swedish Academy bisa mengontak langsung penyanyi berusia 75 tahun yang merupakan musisi kedua setelah Rabindranath Tagore pada tahun 1913 menerima Hadiah Nobel Kesusasteraan.

Alasan kedua, Bob Dylan tidak muncul pada upacara penghargaan karena sedang melakukan rangkaian tur konser di Amerika Serikat. Namun ketidakhadiran pengoleksi 10 Grammy Award itu diganti dengan pidato dari Duta Besar Amerika Serikat untuk Sweda, Azita Raji, yang menyampaikan pidato dari Bob Dylan.

Akhirnya, setelah menunggu selama kurang lebih 5 bulan, Bob Dylan akan menerima sertifikat dan medali Hadiah Nobel Kesusasteraan bersamaan dengan konsernya di Stockholm, Swedia, pada Sabtu (01/04), dan Minggu (02/04). Tentunya ini akan menambah koleksi penghargaannya setelah tahun 2008 dia memenangkan Hadiah Pulitzer dan tahun 2012 menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama, sebuah penghargaan bagi sipil di Amerika Serikat.

Advertisements